Blue Energy Penemuan atau Penipuan?

Mei 28, 2008 at 8:39 am 1 komentar

Energi alternatif yang popular dengan sebutan blue energy dianggap tidak ilmiah oleh kalangan pakar dan ilmuwan. Mereka mensinyalir ini hanya bentuk penipuan berkedok teknologi.

Kepala Pusat Studi Energy (PSE) Universitas Gajah Mada Jogyakarta Sudiartono, Msc mengatakan, Djoko Suprapto dan kelompoknya dengan dalih menemukan energi baru pengganti BBM berusaha untuk mengelabuhi pemerintah dan beberapa perguruan tinggi.

Sudiartono mengaku, UGM sendiri nyaris jadi korban kelompok Djoko. Awalnya mereka mempresentasikan penemuannya, namun ujung-ujungnya meminta surat pengakuan dan biaya untuk alasan riset.

Kecurigaan pihak UGM bertambah ketika, juru bicaar kelompok Djoko bernama Purwanto berdiskusi di kantor PSE UGM. Dari berbagai kajian dan jawaban Purwanto mengenai pembangkit listrik temuan mereka dinilai tidak ilmiah dan tidak masuk akal sebab kebanyakan bertentangan dengan hukum kekekalan energi.

“Kita makin yakin itu penipuan setelah dia bicara mampu membuat PLT Matahari dengan melobangi ozon. Dan ketika itu dia beralih mengenai Bahan Bakar Air, langsung tidak kita tanggapi,” jelasnya.

Sementara itu, pakar elektro UGM Tumiran mengatakan, penemuan bahan bakar alternatif yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah itu telah menyesatkan masyarakat dan pemerintah yang menganggap bahan bakar air kini sudah bisa dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM).

“Kalau kita lihat misalnya Jepang yang sudah maju IPTEK-nya saja belum bisa mengubah air jadi sumber energi. Apalagi para pakar di sana perlu puluhan tahun lagi untuk bisa ubah air jadi BBM,” kata Tumiran.

Apalagi menurut Tumiran, penemuan Joko Suprapto soal Blue Energy ini tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Untuk itu ia tak yakin Blue Energy temuan Joko itu bisa benar-benar mengubah air menjadi BBM pengganti bensin.

“Setiap hasil penelitian yang bersifat ilmiah harusnya dibuktikan secara ilmiah juga kan,” katanya.

Terkait dengan hal ini, Sudiartono berharap agar semua pihak termasuk kalangan Perguruan Tinggi dan pemerintah untuk berhati-hati dan tidak mudah dimafaatkan oleh pihak-pihak yang hanya mencari keuntungan serta popularitas.

Masyarakat dan para pimpinan negara juga diimbau untuk tidak panik menyikapi krisis energi seperti sekarang ini yang ujung-ujungnya hanya menjadi objek penipuan kelompok atau oknum yang bertanggung jawab tersebut.

“Jangan mudah panik menyikapi krisis energi dan jangan mudah percaya terhadap temuan yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah,” kata Sudiartono. (Fir/Btt) : berita8.com

Iklan

Entry filed under: Teknologi.

BLT “Cuma” Penyelamat untuk Jangka Pendek Setelah BBM, Malam Ini Tarif Tol Naik

1 Komentar Add your own

  • 1. SETYO BUDI  |  Mei 29, 2008 pukul 4:16 am

    PERLU DIKETAHUI BAHWA SDR JOKO DKK APAKAH SUDAH MENUNJUKKAN HASIL PENELITIAN, KALAU SAYA BOLEH KOMENTAR BAHWA TIDAK SEMUA PENEMUAN ADALAH BERDASAR PADA ILMIAH, INI PERLU DIKETAHUI TIDAK RAHASIA UMUM LAGI BAHWA PENEMUAN BAIK TEKNOLOGI MAUPUN TERAPAN YANG LAIN ADALAH AWALNYA TIDAK SENGAJA DAN COBA-COBA, SEPERTI SEJARAHNYA TEKNOLOGI TEPAT GUNA (TTG), BOLEHLAH KITA KHAWATIR DENGAN ADANYA PENIPUAN, TAPI PERLU DISIKAPI BAHWA SEORANG PENEMU BELUM TENTU SEORANGAN PAKAR DAN ILMUAN, SEDANGKAN ILMUAN SAJA KADANG-KADANG MASIH BANYAK YANG MENGKLAIM DIRINYA SEORANG PENEMU PADAHAL MEREKA HASIL PENGEMBANGAN DARI TEORI PRAKTIS YANG DIDAPAT DARI PENEMU LANGSUNG, SEKARANG PERLU ADANYA PEMBUKTIAN DULU DARI PARA ILMUAN KALAU SDH TIDAK DAPAT , BARU KITA UNDANG YBS UNTUK MEMEBERI URAIAN YANG KOMPREHENSHIP. SAYA ORANG AWAM BERHARAP SEMOGA BETUL ADANYA.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

RSS Widdi.co

Feeds

Mei 2008
S S R K J S M
    Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

RSS Berita.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: